Welcome to

Astronomy Event

Berita dan Ensiklopedia Alam Semesta
Force = Mass times Acceleration
Join us on

Bentuk Bumi Membuat Satelit Tetap Pada Orbitnya

Jika Bumi memiliki bentuk bulat sempurna, banyak satelit yang akan jatuh ke atmosfer dan terbakar dalam hitungan bulan atau tahun

bumi,foto,wahana antariksa,menakjubkan,foto bumi
Bumi tampak sebagai kelereng biru dalam citra hasil jepretan misi Apollo 17 (NASA)
Astronomy Event - Para peneliti baru saja mendapati bahwa satelit tetap berada di orbit berkat bantuan bentuk bumi yang agak lonjong. Seperti diketahui, planet kita saat ini diselimuti oleh lebih dari 1000 satelit yang masih aktif dan ribuan ton sampah luar angkasa. Dan sebagian besar di antaranya masih tetap berada di sana dengan tenang. Yang mengejutkan, baru saat ini kita mengetahui alasan di balik itu.

Ternyata, bentuk Bumi yang tidak sempurna merupakan penyelamat para satelit tersebut. Akibat rotasinya, bumi sedikit gepeng di bagian kutub dan gemuk di bagian khatulistiwa.

Menurut simulasi komputer dan analisis yang dilakukan oleh Scott Tremaine dari Institute for Advanced Study in Princeton, New Jersey dan Tomer Yavetz dari Princeton University, gravitasi dari bagian bumi yang gemuk itu menjaga satelit tertarik oleh gravitasi bulan sehingga berpindah dari posisinya.

Jika Bumi memiliki bentuk bulat sempurna, banyak di antara satelit itu akan jatuh ke atmosfer dan terbakar dalam hitungan bulan atau tahun saja.

"Sangat menarik jika melihat ada banyak hal yang bisa mengganggu stabilisasi orbit rendah Bumi, tetapi ada kombinasi banyak hal yang membuat kita bisa memiliki kondisi yang baik untuk satelit-satelit," kata Gregory Laughlin, fisikawan dari University of California Santa Cruz.

Sumber: National Geographic Indonesia

Share this:

ABOUTAUTHOR

Hi! Kalian boleh panggil aku "Admin N". Aku yang ada dibalik pembuatan post, pengembangan blog, dan yang suka ngetik-ngetik Tweet di Twitter dan status di Facebook. Support Astronomy Event terus ya! Dan juga support perkembangan ilmu astronomi di Indonesia!

JOIN CONVERSATION

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar