Welcome to

Astronomy Event

Berita dan Ensiklopedia Alam Semesta
Force = Mass times Acceleration
Join us on

Asteroid Bisa Berubah Warna

Radiasi kosmik dan gravitasi objek lain bisa memengaruhi warna asteroid.
 
  Ilustrasi (Foto: Psi.edu)
Astronomy Event - Asteroid atau batu luar angkasa menjadi objek para peneliti. Batu luar angkasa ini diketahui dapat berubah warna menjadi merah dari waktu ke waktu akibat diterpa radiasi kosmik.

Sehingga, radiasi tersebut mempengaruhi bahan kimia alami pada bagian permukaan asteroid dan membuatnya menjadi merah. Sebagian asteroid tampil lebih merah membara dibandingkan meteorit yang baru saja terbakar ketika melewati asteroid planet.
 

Richard Binzer, ilmuwan planet di MIT pada 2010 mengungkap penjelasan mengenai asteroid yang mengorbit sistem tata surya. Asteroid ini membentuk sabuk (barisan) yang diterpa radiasi kosmik.

Binzel menemukan bahwa asteroid ini ada yang keluar dari sabuknya dan mendekati Bumi akibat efek gravitasi planet. Peristiwa tarikan dari gravitasi tersebut juga diyakini menimbulkan guncangan asteroid yang bisa mempengaruhi butiran pada permukaan asteroid.

Dengan terjadinya pergeseran di bagian permukaan tersebut, maka butiran 'segar' di bawah permukaan asteroid bisa terlihat. Asteroid yang semakin mendekati Bumi tersebut, akan hancur dan jatuh sebagai meteorit.

Ilmuwan percaya bahwa Bumi juga memiliki peran kunci pada proses di permukaan asteroid tersebut. Namun, tidak hanya Bumi, kini Binzel dan koleganya Francesca DeMeo menemukan bahwa Mars juga bisa mempengaruhi warna permukaan asteroid.

"Kami tidak berpikir Bumi adalah satu-satunya penggerak utama. Ini membuka pikiran kita bahwa ada hal-hal lain yang terjadi," ujar DeMeo. Ia yakin bahwa Mars juga menyebabkan asteroid untuk berubah warna di permukaannya, yakni menjadi merah

Share this:

ABOUTAUTHOR

Hi! Kalian boleh panggil aku "Admin N". Aku yang ada dibalik pembuatan post, pengembangan blog, dan yang suka ngetik-ngetik Tweet di Twitter dan status di Facebook. Support Astronomy Event terus ya! Dan juga support perkembangan ilmu astronomi di Indonesia!

JOIN CONVERSATION

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar