Welcome to

Astronomy Event

Berita dan Ensiklopedia Alam Semesta
Force = Mass times Acceleration
Join us on

Potret Semesta Hari Ini: Kluster Pleiades

Kluster Pleiades atau Messier 45 sangat populer karena keindahannya yang berwarna kebiruan.



Kluster Pleiades adalah sebuah kluster bintang terbuka yang berada di rasi Taurus. Kluster bintang terbuka adalah kumpulan bintang yang tersebar dan membentuk pola tidak teratur. Ada ratusan bintang yang termasuk anggota kluster ini. Namun, ada beberapa bintang yang cemerlang dan terkenal seperti Atlas, Taygeti, Electra dan Eta Tauri (Alcyone).

Karena diisi bintang-bintang yang cukup terang dan memiliki besar 2 arcdegree, magnitudo tampak kluster ini adalah 1,5. Cukup terang untuk bisa dilihat mata telanjang. Jika kalian melihat kluster ini dengan binokuler atau dengan teleskop, maka akan tampak bintang-bintang biru keputihan yang terang dan banyak seperti mutiara yang bertaburan di luar angkasa.

Karena berada di rasi Taurus, kluster ini hanya bisa dilihat dengan baik dari bulan Agustus sampai bulan Februari. Bulan ini, kluster Pleiades akan tampak pada jam 1 malam sampai matahari terbit. Jika kalian ingin mengamati kluster ini, mungkin kalian harus menahan kantuk kalian.

Share this:

ABOUTAUTHOR

Hi! Kalian boleh panggil aku "Admin N". Aku yang ada dibalik pembuatan post, pengembangan blog, dan yang suka ngetik-ngetik Tweet di Twitter dan status di Facebook. Support Astronomy Event terus ya! Dan juga support perkembangan ilmu astronomi di Indonesia!

JOIN CONVERSATION

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar