Welcome to

Astronomy Event

Berita dan Ensiklopedia Alam Semesta
Force = Mass times Acceleration
Join us on

Hujan Meteor Aurigids 2013 Akan Muncul di Langit

Hujan meteor Aurigids tahun ini muncul di langit malam hari. Kapan dan dimana hujan meteor ini akan muncul?



Astronomy Event - Hujan meteor Aurigids memang asing ditelinga kita, hujan meteor ini merupakan hujan meteor yang terjadi di konstelasi bintang Auriga si pengembala.

Meteor yang jatuh saat hujan meteor Aurigids adalah 6 meteor per jam (1 meteor per 10 menit) dengan kecepatan jatuh yang sangat tinggi yaitu 67 km/detik. Artinya, kalian hanya memiliki 6 kesempatan untuk melihat jatuhnya meteor setiap jam.

Kapan hujan meteor Aurigids muncul di Indonesia? Malam ini (31 Agt 2013), hujan meteor Aurigids akan terbit di horizon sebelah timur laut atau 51° ke timur dari utara pada pukul 1:47 WIB. Titik tertinggi dilangit akan terjadi pukul 7:30 WIB di ketinggian 45° dari horizon dan terbenam pukul 13:00 WIB.

Waktu terbaik untuk mengamatinya yaitu dari pukul 4:47 sampai 5:31 WIB. Saat itu, hujan meteor ini berada di langit timur laut 22°-36° dari horizon. Hujan meteor Aurigids sudah dimulai dari tanggal 28 Agustus, maksimumnya tanggal 1 September dan berakhir pada tanggal 10 September.

Catatan: Hujan meteor ini tidak akan membahayakan Bumi, karena semua meteor yang masuk ke atmosfer terlalu kecil untuk bisa sampai ke permukaan Bumi. Mereka semua akan habis terbakar di atmosfer.

Share this:

ABOUTAUTHOR

Hi! Kalian boleh panggil aku "Admin N". Aku yang ada dibalik pembuatan post, pengembangan blog, dan yang suka ngetik-ngetik Tweet di Twitter dan status di Facebook. Support Astronomy Event terus ya! Dan juga support perkembangan ilmu astronomi di Indonesia!

JOIN CONVERSATION

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar