Welcome to

Astronomy Event

Berita dan Ensiklopedia Alam Semesta
Force = Mass times Acceleration
Join us on

Apakah Kita Membesar Bersama Alam Semesta?

menurut ilmuwan, pengembangan alam semseta dimulai 13,8 miliar tahun lalu. Tetapi, apakah materi yang ada di dalamnya ikut mengembang?



Astronomy Event - Alam semesta kita telah mengembang dengan kecepatan yang cukup cepat. Tapi, apakah kita ikut mengembang atau membesar bersama alam semesta dan tidak ada yang menyadari karena kita semua membesar dengan ukuran yang relatif.

Yang benar, alam semesta tidak mengembang. Yang mengembang adalah ruang (space). Jika ada beberapa benda/materi yang berada di ruang dan ruang mengembang diantara benda tersebut, maka benda-benda itu akan menjauhi satu sama lain. Tetapi, ada beberapa gaya yang tidak dipengaruhi pengembangan ruang, yaitu gravitasi dan elektromagnet.

Gravitasi dan elektromagnet memiliki gaya yang kuat untuk mempertahankan materi disekitarnya saat ruang mengembang. Berpikirlah seperti ini, jika kamu dan kucing kamu berdiri di sebuah tanah dan tanah itu mengembang secara horizontal, maka tanah itu akan menjauhi kamu dan kucing kamu satu sama lain. Jika kamu mengikat kucing kamu dan kamu mengeluarkan tenaga untuk mempertahankan ikatan itu yang lebih kuat daripada gesekan diantara kaki dan tanah saat tanah mengembang secara horizontal, maka kamu dan kucing kamu akan tetap bersama.

Nah, hal-hal seperti diatas dilakukan oleh elektromagnet untuk mempertahankan partikel pada posisinya dan gravitasi yang mengikat benda-benda disekitarnya. Sehingga, atom di tubuh kalian, tata surya dan galaksi tidak ikut membesar.

Jarak satu galaksi ke galaksi lain sangatlah jauh dan gravitasi yang mengikat satu sama lain terlalu lemah untuk mempertahankan satu sama lain saat ruang mengembang dan akhirnya para galaksi dan kluster galaksi menjauhi satu sama lain. Kita tahu hal ini karena, cahaya yang dipancarkan galaksi dilangit berubah kemerahan karena efek Doppler. Seperti ikatan kucing yang terlepas dari tangan saat tanah mengambang secara horizontal.

Share this:

ABOUTAUTHOR

Hi! Kalian boleh panggil aku "Admin N". Aku yang ada dibalik pembuatan post, pengembangan blog, dan yang suka ngetik-ngetik Tweet di Twitter dan status di Facebook. Support Astronomy Event terus ya! Dan juga support perkembangan ilmu astronomi di Indonesia!

JOIN CONVERSATION

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar